Pendekatan Teori Tentang Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini

I. LATAR BELAKANG

Saat ini banyak negara di dunia ini, termasuk Indonesia, telah memulai pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing pada anak usia dini. Hal ini disebabkan banyak orang percaya bahwa pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Inggris apabila dimulai pada usia dini sebelum anak mencapai masa kritis, yakni usia 12-13 tahun, akan memberikan hasil yang lebih baik, meskipun sampai sekarang belum ada bukti empiris yang memperkuat pendapat tersebut (Nunan, 1999). Tingkat kemahiran berbahasa seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia tapi juga faktor-faktor lainnya, seperti tipe program dan kurikulum, lamanya pembelajaran, teknik dan aktivitas yang digunakan (Rixon, 2000).

Para pendidik terutama jika mereka akan memulai memberikan pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini harus memahami hal-hal yang mendasar tentang perkembangan diri anak dan dalam hubungannya dengan proses pembelajaran bahasa Inggris agar mereka dapat mengadakan eksplorasi, merencanakan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran bahasa Inggris agar pembelajaran tersebut tepat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Makalah ini secara singkat akan membahas teori-teori dasar pemebelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini yang meliputi: karakteristik anak-anak usia dini, tujuan pembelajaran bahasa, ruang lingkup pembelajaran, metode pembelajaran, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini.

II. PENDEKATAN TEORI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI

Seorang pendidik anak usia dini sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu perlu memperhatikan karakteristik anak-anak yang dididik dan diajar agar program pembelajarannya sesuai dengan perkembangan dimensi anak-anak yang meliputi dimensi kognitif, bahasa, kreativitas, emosional dan sosial (Moeslichatoen, 1999).

Adapun secara umum karakteristik anak-anak usia dini yang dimaksud meliputi:

A.   Dari aspek kognitif:

1.    Mereka telah memiliki kemampuan untuk mengintepretasikan arti/makna.

2.    Mereka memiliki daya perhatian dan konsentrasi yang terbatas.

3.    Mereka telah memiliki daya imaginasi.

4.    Mereka memahami situasi

B.   Dari aspek afektif:

1.    Mereka senang menemukan dan menciptakan sesuatu

2.    Mereka senang berbicara

3.    Mereka senang bermain dan bekerja sendiri

4.    Mereka tertarik pada aktivitas yang relevan bagi mereka

C.   Dari aspek psiko-motor:

1.    Mereka memiliki ketrampilan dalam memakai bahasa secara terbatas namun kreatif.

2.    Mereka dapat belajar dengan melakukan sesuatu

3.    Mereka belajar bahasa Inggris dengan menggunakannya

4.    Mereka dapat bekerja sama dengan orang dewasa

5.    Mereka akan belajar dengan sangat baik apabila mereka terlibat dalam aktivitas yang relevan dengan diri mereka

(Haliwell, 1992).

Dengan memperhatikan karakteristik anak-anak tersebut, tujuan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini secara umum dapat ditentukan sebagai berikut:

1.    membuat anak merasa berkompeten dan percaya diri dalam belajar bahasa Inggris

2.    menyediakan lingkungan pembelajaran yang aman, bersifat menghibur dan rekreatif serta mendidik

3.    menciptakan pembelajar bahasa Inggris untuk jangka panjang

(Schindler, 2006)

Sedangkan ruang lingkup pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini meliputi ketrampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis serta komponen kosa kata, pelafalan dan struktur bahasa. Semuanya ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak yang diajar.

Adapun konsep-konsep yang perlu dikuasai anak-anak dalam berbahasa adalah:

1.    identifikasi (mengenal orang/benda yang ada di sekitar anak-anak)

2.    klasifikasi (pengelompokan, misalnya warna, bentuk, ukuran, jumlah, fungsi, jenis, dsb.)

3.    spasial (ruang atau posisi orang/benda)

4.    temporal (waktu)

5.    emosional (perasaan)

6.    familial (keluarga)

7.    ordering (menyusun)

8.    ekuivalensi (perbandingan)

(Ashworth dan Wakefield, 2005)

Dalam belajar bahasa asing, seperti bahasa Inggris, anak-anak:

1.    secara alami, sama dengan cara mereka belajar bahasa ibu

2.    dimotivasi

3.    dengan mendengar dan mengulang-ulang

4.    dengan menirukan guru

5.    dengan berinteraksi dengan orang lain

6.    dengan menerjemahkan

(Moon, 2000)

Metode-metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini yang bisa digunakan adalah:

1.    Bermain (dan bernyanyi)

2.    Bercakap-cakap

3.    Bercerita

4.    Demonstrasi

5.    Karya wisata

6.    Proyek

7.    Pemberian tugas

(Moeslichatoen, 1999)

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini agar pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan:

1.    Melengkapi aktivitas pembelajaran dengan media visual, realia dan gerakan-gerakan serta kombinasi antara bahasa lisan dengan ‘bahasa tubuh’ atau ‘demonstrasi’.

2.    Melibatkan anak-anak di dalam pembuatan media visual atau realia.

3.    Berpindah dari aktivitas yang satu ke aktivitas lainnya dengan cepat

4.    Membangun rutinitas di dalam kelas dengan menggunakan bahasa Inggris

5.    Gunakan bahasa ibu apabila diperlukan

6.    Mengajar berdasarkan tema dan menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak-anak.

7.    Menggunakan cerita dan konteks yang sudah dikenal oleh anak-anak

8.    Mengundang masyarakat sekitar (orang tua, mahasiswa, dsb.) yang bisa berbahasa Inggris untuk berceita di dalam kelas

9.    Berkolaborasi dengan guru lainnya di sekolah Anda

10. Berkomunikasi dengan guru atau pengajar untuk anak usia dini lainnya di luar sekolah Anda (Shin, 2006)

III. KESIMPULAN DAN PENUTUP

Dari uraian singkat di atas, bisa kita simpulkan bahwa sesuai dengan karakteristik anak usia dini, kegiatan pembelajaran bahasa Inggris hendaknya bersifat menghibur, rekreatif, dan mendidik agar motivasi yang mereka miliki pada saat ini akan dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang sehingga pembelajaran bahasa Inggris akan terus berlangsung sepanjang hidup mereka.

Akhir kata, pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini adalah suatu bidang yang dinamis sehingga bisa dipastikan akan senantisa mengalami perubahan-perubahan. Namun demikian tugas para pendidik bagi anak usia dini tetaplah sama yakni membantu perkembangan pemahaman dan penggunaan bahasa mereka.melalui perencanaan, pembimbingan dan penyediaan sarana penunjang yang memadai.

DAFTAR PUSTAKA

Shin, Joan Kang. 2006. Ten Helpful Ideas for Teaching English to Young Learners. English Teaching Forum, Volume 44, Number 2: 2-7.

Schindler, Andrea. 2006. Channeling Children’s Energy through Vocabulary Exercises. English Teaching Forum, Volume 44, Number 2:8-13

Klein, Kerstin. 2005. Teaching the World’s Children. English Teaching Forum, Volume 43, Number 1: 2-7

Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited

Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Finn, Patrick J. 1993. Helping Children Learn Language Arts. Longman Publishing Groups.

Haliwell, Susan. 1992. Teaching English in the Primary Classroom. Longman Group UK Limited

About these ads
Explore posts in the same categories: Bahasa, Uncategorized

18 Comments on “Pendekatan Teori Tentang Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini”

  1. Chherr Says:

    Saya sangat setuju dengan pendidikan anak usia dini ,meskipun banyak pro dan kontra,menurut saya asal anak2 enjoy dan senang kenapa tidak ?http://www.bayikusukses.com


  2. mba boleh ya aku pakai sebagai reverensi tugas dikampus.
    salam kenal !

  3. dyah rochmawati Says:

    monggo mas, kalau itu sangat bermanfaaat, silahkan karena kita sering sharing knowledge

  4. Zurain Says:

    Menarik juga untuk di bahas, namun sebenarnya Brewster, ellis & Gerard (2003) jelas – jelas menggaris bawahi bahwa bahasa inggris untuk anak usia dini merupakan TREND dunia yang merupakan dampak dari kesepakatan pengglobalan negara di bumi ini. Ada sebuah pertanyaan besar di dalam kepala saya, Bila ada tendensi apa kita sebagai bangsa indonesia menggalakkan pembelajaran bahasa inggris, jika ini merupakan sebuah TREND… adalah sebuah pilihan untuk kita untuk mempelajarinya atau tidak.. semoga ibu dyah bisa memberikan pencerahan. terimakasih sebelumnya..

  5. dyah rochmawati Says:

    maksudnya gimana mas/mbak ? jelas menggaris bawahi bahwa bahasa inggris …

  6. imam Says:

    Assalamu’alaik…
    mbak Dyah.. trimakasih buat referensinya, smga bermanfaat
    untuk sy yg br akan belajar mengajar bahasa inggris untuk adik2 sy di rumah…
    Matursuwun…
    Wassalamu’alaikum…


  7. Assalamua’laikum wr wb…

    Ibu dyah, mau izin ni kebetulan saya ada tugas kampus about method and teqniques for teaching to children,,,
    izin copy artikelnya ibu yah,,,,,,,,,
    Jazakalloh khoiron katsiron

  8. novia Says:

    mbak alhamdulilah aku bisa nemuin tulisan ini, aku minta izin untuk referensi skripsi aku ya. tx

  9. dyah rochmawati Says:

    silahkan mbak novi, kalau itu membantu anda

  10. dyah rochmawati Says:

    kalau itu perlu, monggo dipakai, semoga bermanfaat

  11. dyah rochmawati Says:

    aku turut berdoa smoga bermanfaat

  12. Yani Says:

    Assalamu’alaikum…..
    Salam kenal, Mbak…. aku ijin kopi artikelnyanya, ya buat referensi…. terima kasih sebelumnya.

  13. dyah rochmawati Says:

    Monggo, silahkan Mbak Yani, mudah2an bermanfaat.

  14. umi kulsum Says:

    Assalamu’alaikum
    salam kenal. Izin kopi ya. Saya punya PAUD di rumah. Insya ALlah bermanfaat untuk para gurunya.. Terima kasih.
    Wassalam

  15. kozhe Says:

    … maaf.. bagaimana kalo software gratis seperti Gcompris.. jadi lebih simple.. kyknya. thanks

  16. r.hardi Says:

    thanks for your sharing ^_^

  17. YA Says:

    ibu dyah, apabila tidak keberatan boleh saya minta alamat email ibu? saya ingin sharing lebih lanjut ttg makalah ini,tp tidak diforum ini heheee thanks b4…

  18. yuli Says:

    Salamun`alayk………….
    Mbak,saya minta izin artikelnya untuk membantu tugas kuliah ya…
    Syukron wa Jazaakillah khair………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: